fbpx
Muhammad Rafly Ramadhan Seseorang yang tertarik dunia digital serta mencoba berbagai macam bisnis yang ada

Panduan Memilih Hosting Terbaik WordPress

1 min read

Panduan Memilih Hosting Terbaik WordPress - Ciriung.com
5
(4)

Sebelum menggunakan WordPress Self-Hosted, kita harus memiliki Hosting dulu agar website bisa dikelola oleh kita sendiri. Penting sekali bagi kamu yang ingin memulai WordPress tapi bingung bagaimana cara memilih hosting untuk WordPress yang tepat?

Dalam berbagai kasus yang saya temui di forum-forum, banyak sekali orang yang salah dalam memilih hosting untuk WordPress. Kebanyakan kesalahannya adalah konsumen Indonesia rata-rata lebih tergiur dengan harga murah namun tidak jelas spesifikasi yang ditawarkan oleh Hosting Provider.

Itu adalah salah satu kesalahan fatal yang seringkali saya temui. Lalu bagaimanakah cara memilih hosting terbaik untuk WordPress? Simak Panduan Memilih Hosting Terbaik WordPress Ala Muhammad Rafly Ramadhan 😀


1. Niche

Apa sih Niche itu? Niche adalah sebuah tema pada website yang akan kamu buat nanti. Misalnya, Ciriung.com adalah website yang memiliki Niche Tutorial seputar website.

Hal ini sangat penting sekali untuk menghemat anggaran kamu dalam mengelola website WordPress.

Dalam hal ini, misalnya kamu hanya ingin membuat niche seputar blogging, tutorial ataupun sebagainya tidaklah harus memiliki spesifikasi yang besar dan mahal.

Untuk ukuran sekarang ini, Hosting dengan kapasitas SSD 2GB sudah sangat cukup sekali untuk mengembangkan WordPress.

2. Bandwidth

Bandwidth, apalagi itu? Bandwidth adalah proses pengiriman dan penerimaan data. Apa maksudnya? Jadi sederhananya adalah banyaknya pengunjung yang bisa mengakses website kamu.

Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website kamu, biasanya server akan meload lebih lama karena banyaknya pengunjung. Hal ini menyebabkan website akan lebih lama diakses.

Untuk itu, sangat penting sekali mencari Hosting yang memiliki fitur Unlimited. Jikalau website sudah memiliki pengunjung yang banyak, saya sarankan untuk beralih ke VPS.

3. Domain

Apa itu Domain? Domain merupakan sebuah identitas yang unik pada setiap website. Contohnya adalah Ciriung.com yang mempunyai ekstensi .COM.

Ini adalah hal penting yang harus dilakukan. Buatlah domain dengan unik dan mudah diingat serta mudah diketik agar kamu memiliki pengunjung yang setia.

Untuk pemilihan domain, sangat disarankan menggunakan TLD yang populer seperti: .COM, .INFO, .NET, .ORG, dll. Tinggal sesuaikan dengan selera kita.

4. Support Hosting Provider

Ini juga merupakan hal yang harus sangat diperhatikan dalam memilih hosting untuk WordPress. Support atau dukungan dari penyedia hosting harus sangat diperhatikan, karena bagaimanapun juga merekalah yang menyediakan servernya untuk kita. Dan kita membayar mereka untuk menyediakan layanan terbaik.

Jangan sampai dukungan dari penyedia hosting terkesan lelet atau buruk karena itu akan merugikan kita. Dan pastinya dalam mengembangkan website WordPress akan terjadi yang namanya error atau kesalahan dari server maupun dari kita pribadi.

Tak terkecuali pada siapapun termasuk saya sendiri yang sudah lumayan lama dalam mengembang WordPress. Untuk itu carilah penyedia hosting yang sudah banyak direkomendasi oleh banyak orang seperti: Domainesia, Niagahoster,  RumahWeb, dlll.

Catatan untuk Hosting Provider

Bukan promosi, tapi kalau mau kasih bonus ya mau gimana lagi 😀


Sebenarnya banyak sekali hal yang harus dilakukan dalam Memilih hosting terbaik untuk WordPress, hanya saja saya hanya meringkas dan merangkumnya menjadi seperti artikel ini. Kira-kira itulah hal dasar yang harus dilakukan dalam memilih Hosting terbaik WordPress.

Kritik dan saran sangat dibutuhkan dalam mengembangkan WordPress.

Terima kasih,
Muhammad Rafly Ramadhan

Ayo Rating Artikel Ini!

Klik Bintang untuk memberikan Rating

Rata-rata rating 5 / 5. Hasil Vote: 4

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Muhammad Rafly Ramadhan Seseorang yang tertarik dunia digital serta mencoba berbagai macam bisnis yang ada