fbpx
Muhammad Rafly Ramadhan Seseorang yang tertarik dunia digital serta mencoba berbagai macam bisnis yang ada

Tips Mempercepat Website WordPress

1 min read

Tips Mempercepat Website WordPress - Ciriung.com
5
(1)

Mempercepat Website WordPress merupakan hal yang wajib dilakukan developer agar para pengunjung merasa nyaman saat diwebsite kita karena kecepatan aksesnya yang baik.

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika website kita menjadi cepat, salah satunya adalah visitor tidak akan mudah meninggalkan website kita karena proses kecepatannya.

Begitupun sebaliknya ketika website kita menjadi lambat. Saat website kita lambat, banyak visitor yang mengeluh dan meninggalkan website kita dengan cepat.

Untuk itu perlu disadari pentingnya performa kecepatan pada website. Pada artikel kali ini saya akan membagikan Tips Mempercepat Website WordPress.


1. Optimasi Koding

Ini memang hal yang agak sulit sih bagi orang awam, karena tidak semua orang paham apa itu koding. Jikalau memang takut terjadi apa-apa, saya sarankan menyewa jasa orang untuk melakukan optimasi koding.

Lalu Optimasinya itu bagaimana? Salah satu contoh optimasi koding adalah meminify script HTML/CSS/JS dan melakukan Cleaning pada kodingan yang boros dan tidak terlalu berguna.

Kamu bisa melakukan Optimasi Koding ini pada File Manager Hosting kamu atau pilih menu Apperance -> Theme Editor pada Dashboard WordPress.

2. Optimasi Gambar

Cara melakukan Optimasi gambar adalah dengan cara diKompres gambarnya sehingga ukuran gambarnya menjadi lebih kecil tetapi tidak mengurangi kualitas gambar tersebut.

Kamu bisa melakukan Optimasi gambar dengan cara download plugin ataupun kompres manual di website tertentu, contohnya: TinyPNG, TinyJPG, dll.

3. Kurangi Plugin

Menggunakan banyak plugin artinya sama saja memenuhi resource disk kamu pada cPanel ataupun pada WordPress. Hal ini bisa menyebabkan loading website kamu menjadi berat karena harus melakukan load juga pada plugin tersebut.

Solusinya adalah kurangi plugin yang sekiranya tidak perlu atau tidak terlalu penting.

4. Pilih Theme Rekomendasi

Maksud pilih theme rekomendasi adalah gunakan theme yang memang sudah disarankan banyak developer WordPress atau gunakan Theme yang memiliki support terus-menerus dari pengembang theme tersebut. Karena hasilnya tentu akan menjadi lebih baik.

Pilihlah theme dengan tampilan yang sederhana dan enak dipandang serta jangan terlalu ramai pada tampilannya agar terlihat lebih elegan.

5. Optimasi Database

Banyak pemilik website yang meremehkan hal ini, padahal ini merupakan hal yang penting. Optimasi Database perlu dilakukan agar sampah/cache/draft/revision pada WordPress dihilangkan karena jika tetap disimpan akan menjadi beban pada server hosting.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua 😀

Terima kasih,
Muhammad Rafly Ramadhan

Ayo Rating Artikel Ini!

Klik Bintang untuk memberikan Rating

Rata-rata rating 5 / 5. Hasil Vote: 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Muhammad Rafly Ramadhan Seseorang yang tertarik dunia digital serta mencoba berbagai macam bisnis yang ada